You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Akan Kaji Pola Penanganan Sampah
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

DKI akan Evaluasi Pola Pembuangan Sampah

Untuk mengantisipasi penumpukan sampah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengevaluasi pola pembuangan sampah. Diharapkan, hal tersebut dapat meminimalisir penumpukan sampah.  

Saya keliling banyak sampah nggak diangkut tepat waktu. Makanya kita mau bikin rencana soal pembuangan sampah

Pengaturan di antaranya meliputi penetapan waktu warga membuang sampah ke TPS dan pemetaan volume sampah per wilayah sehingga bisa ditentukan pola pengangkutan. Selain itu, pembangunan pusat daya guna dan daur ulang sampah di wilayah pemukiman akan diintensifkan sehingga dapat menekan beban sampah di TPS.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pihaknya masih kerap menemukan tumpukan sampah di sejumlah lokasi di DKI Jakarta. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat rencana pembuangan sampah dan mengevaluasi efektivitas distribusi truk-truk sampah di wilayah.

Pembakaran Sampah Hanguskan Satu Rumah

"Saya keliling banyak sampah nggak diangkut tepat waktu. Makanya kita mau bikin rencana soal pembuangan sampah dan efektivitas dari truk-truk sampah tersebut," katanya, Kamis (15/10).

Menurut Djarot, agar tumpukan sampah dapat dihindari, tidak hanya pola pengangkutan yang ditetapkan waktunya. Pengaturan waktu buang pun harus ditata dari sumbernya di tiap-tiap rumah. Pihaknya pun akan menggalakkan edukasi aturan pembuangan sesuai waktu buang sampah yang ditetapkan.

"Tempat pembuangan sampah pun akan kita evaluasi karena nggak bisa bertumpu pada Bantar Gebang. Nanti masalah sampah akan diselesaikan di wilayah kota," ujarnya.

Penanganan sampah di wilayah di antaranya dengan mendorong pembangunan pusat daya guna sampah dan komposting. Sehingga, sampah dari rumah tangga diharap bisa dikurangi sebelum dibuang ke TPS dan berujung di TPA Bantar Gebang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1255 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1235 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1182 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1067 personNurito
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye800 personBudhi Firmansyah Surapati